Berbahaya,Satelit China Diprediksi Hantam Atmosfer Bumi Nanti Malam, RI Kena?

Berbahaya,Satelit China Diprediksi Hantam Atmosfer Bumi Nanti Malam, RI Kena?
Satelite Ilustrasi

JAKARTA (IDENews.co.id) - Satelit Tiangong-1 milik China yang telah lepas kendali dari Stasiun Luar Angkasa diprediksi menghantam atmosfer Bumi hari Minggu (1/4/2018) malam. Namun, belum diketahui apakah serpihan satelit itu akan jatuh di wilayah Indonesia atau tidak.

Prediksi jatuhnya satelit itu disampaikan  Space Debris Office dari European Space Agency’s (ESA) dan Aerospace Corp yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

"Tim puing-puing ruang angkasa di ESA telah menyesuaikan ramalan masuk kembali mereka (satelit Tiangong-1) selama 24 jam terakhir untuk mempertimbangkan kondisi aktivitas matahari yang rendah. Data baru yang diterima semalam memberi konfirmasi lebih lanjut bahwa jendela perkiraan bergerak ke depan pada 1 April," bunyi pernyataan ESA dalam blog-nya.

"Tim sekarang sedang memperkirakan sebuah jendela yang berpusat di sekitar pukul 23.25 UTC pada 1 April (01.25 CEST 2 April), dan berjalan dari 1 April sore hingga pagi hari tanggal 2 April. Ini tetap sangat bervariasi," lanjut ESA.

Awalnya, satelit China itu diprediksi mencapai atmosfer Bumi pada hari Sabtu. Namun, prediksi telah diubah seiring dengan pengamatan laju jatuhnya objek luar angkasa tersebut.

"Aliran partikel berkecepatan tinggi dari Matahari, yang diperkirakan akan mencapai Bumi dan mempengaruhi medan geomagnetik planet kita, memang, pada kenyataannya, tidak memiliki efek apa pun, dan cuaca ruang (angkasa) yang lebih tenang di sekitar Bumi dan atmosfernya sekarang diharapkan (satelit jatuh) dalam beberapa hari mendatang," kata ESA dalam prediksinya 26 Maret 2018 lalu.

"Ini berarti bahwa kepadatan atmosfer atas, di mana Tiangong-1 lewat dan bergerak, tidak meningkat seperti yang diperkirakan (yang akan menyeret pesawat ruang angkasa jatuh lebih cepat) dan karenanya Space Debris Of

IDENews.co.id

Penulis: IDENews.co.id

IDENews.co.id Adalah Portal Media Online Yang Update 24 Jam Menyajikan Sajian Informasi Yang Sederhana....


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter