Larangan NAPI Korupsi , Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2019..

Larangan NAPI Korupsi , Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2019..
Sahran Raden

Larangan NAPI Korupsi : Mencalonkan Diri Dalam Pemilu 2019..

 

Oleh : Sahran Raden, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Periode. 2018-2023

 

Menjelang pelaksanaan pendaftaran Calon  Anggota DPR dan DPRD untuk Pemilu 2019, sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan jadwal Pemilu 2019, bahwa pendaftaran Calon Anggota DPR dan DPRD dilaksanakan pada tanggal 4-17 Juli 2019,  belum diundangkannya Peraturan KPU tentang Pencalonan disebabkan oleh Menteri Hukum dan Ham tidak mau menandatangani untuk mengundangkan PKPU Tersebut karena masih adanya norma pasal 8 huruf j, bahwa syarat calon anggota DPR dan DPRD bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi. Pasal ini yang sampai ini menjadi polemik sehingga Kemenkumham mengembalikan Draft Usulan PKPU ke KPU, padahal fungsi Kemenkumham dalam pembuatan Peraturan hanyalah mengadministrasikan  Peraturan sampai dengan mengundangkannya tidak memiliki kewenangan untuk menolak suatu peraturan yang telah dibahas oleh lembaga lain. Hal ini berbeda dengan Syarat Calon anggota DPD norma bunyi pasal yang serupa tidak ditolak oleh Kemenkumham dan tidak menjadi polemik bagi publik.

 

Meski demikian dengan kemandirian dan  Independensi KPU  tetap  ingin memberlakukan larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi Calon Legislatif (Caleg) yang akan diatur dalam Peraturan KPU (PKPU). KPU, beranggapan bahwa mantan napi korupsi tidak layak menduduki jabatan publik karena telah berkhianat terhadap jabatan sebelumnya. Sikap KPU ini dalam perkembangannya menimbulkan polemik. Hampir semua partai politik menolak wacana ini, dan menganggap bahwa KPU menyalahi Undang-Undang.

Selain itu, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) juga tidak setuju dengan wacana

IDENews.co.id

Penulis: IDENews.co.id

IDENews.co.id Adalah Portal Media Online Yang Update 24 Jam Menyajikan Sajian Informasi Yang Sederhana....


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter