Ada Dugaan Money Politik di Pilkada Donggala,pihak berwajib diharapkan menindak tegas

Ada Dugaan Money Politik di Pilkada Donggala,pihak berwajib diharapkan menindak tegas
Kedua Yang Diduga Membagikan Uang Kemasyarakat Saat Terciduk

Donggala (IDENews.co.id) -Dimasa tenang serta jelang voting day Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Donggala, 27 Juni besok, aksi serangan fajar dan money politik terkuak. Senin (26/6) kemarin Tim Panwas Kecamatan berhasil menciduk pendukung salah satu pasangan kandidat Bupati/Wakil Bupati Donggala.

Dugaan sementara kedua pemuda tersebut sedang membagi-bagika kartu nama kandidat nomor urut 3 Vera L Laruni-Taufik Burhan beserta uang pecahan Rp 100 ribu kepada warga Desa Balukang II Kecamatan Sojol.

Aksi ini terkuak, setelah warga yang ditemui ternyata salah satu pendukung kandidat lain yakni pasangan Kasman-Yasin ( SAKAYA). Sontak indikasi pelanggaran pemilu itu dilaporkan kepada pengawas pesta demokrasi.

Menurut salah seorang praktisi hukum di Sulteng bahwa kasus ini tidak bisa dibaiar. Pantia Pengawas (Panwas) Pemilu haru bersikap tegas. Apalagi Presiden RI melalaui Menko Polhukam Wiranto telah mewanti-wanti dan menegaskan bahwa transaksi uang dalam Pilkada serentak merupakan perbutan pidana dan berimbas akan kepada kandidat yg bersangkutan.

Olehnya kata Anwar, Panwas harus segere mengusut tuntas indikasi money politik ini. ” Jika dugaa ini kuat dan benar adanya, siapapun pasangan Bupati/Wakil Bupati tersebut harus didiskualifikasi dari kepersetaan sebagai calon Bupati,” tandas Anwar kepada Logisnews, Senin (27/6).

Apa pun alasannya tambah Anwar, negara tidak pernah memberikan ruang terhadap kandidat yang bermain curang dengan uang. Kasus ini harus diproses melalui hukum dan perundang-undangan yang berlaku, karena cara-cara seperti ini telah mencedrai proses demokrasi dan rasa keadilan masyarakat.(Ag/Am)

Editor. : Egr

IDENews.co.id

Penulis: IDENews.co.id

IDENews.co.id Adalah Portal Media Online Yang Update 24 Jam Menyajikan Sajian Informasi Yang Sederhana....


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter