Mantan Napiter, Sebaiknya Jihad Melalui Pendidikan Bukan Kekerasan

Mantan Napiter, Sebaiknya Jihad Melalui Pendidikan Bukan Kekerasan

Palu (IDENews.co.id) Aksi-aksi terorisme yang beberapa waktu lalu terjadi  di daerah ini khususnya di wilayah Kabupaten Poso dan Kota Palu, merupakan tindakan yang bertentangan dengan ajaran agama. Islam tidak mengajarkan orang untuk berbuat kerusakan dan menciptakan teror di atas muka bumi. Kedatangan nabi dengan risalah Islam adalah untuk kerahmatan dan kedamaian bagi alam semesta.

Sejak isu terorisme muncul, ada kesalahpahaman terhadap konsep jihad. Ini disebabkan penyempitan dan penyelewengan arti dan makna kata tersebut.

Bahkan menurut pangkuan salah satu mantan narapidana kasus teroris (Napiter) di Sulteng inisial NK yang kini  telah sadar dan  tobat,  kepada Kasubdit IV Intelkam Polda Sulteng Kompol Safruddin bahwa  apa yang pernah dilakukan sebelumnya adalah kekeliuran dan kesalapahaman dalam memahami arti dari jihad yang sesungguhnya. 

Menurut NK jika ingin berjihad, sebaiknya  melalui pendidikan bukan dengan kekerasan, karena hal tersebut tidak memberikan manfaat tetapi kerusakan bagi kemaslahatan ummat. 

Makanya ia sangat mengecam aksi-aksi teroris serta paham-paham radikalisme termasuk aksi-aksi kelompok Ali Kalora di wilayah Kabupaten Poso.

Saat ini kata N,  ia fokus mengajarkan anak-anak dan remaja melalui pendidikan agama seperti mengaji dan baca tulis qur'an.

Dulunya kata NK, ia tidak tidak pernah berfikir nasib korban.

" Saat bertemu pak Safruddin, saya merasa sedih dan menyesal. Penyesalan terbesar saya adalah bagaimana keluarga menanggung efek dari perbuatan saya," ujar NK  mantan anggota Jama'ah Islamiah (JI).

Saat ini kata NK, ia sadar  dan menyesal karena ternyata membunuh orang tidak bersalah adalah kesahalan besar yang harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT.  " Saya berh

IDENews.co.id

Penulis: IDENews.co.id

IDENews.co.id Adalah Portal Media Online Yang Update 24 Jam Menyajikan Sajian Informasi Yang Sederhana....


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter