Penyelenggara dan Pengawas Serta Peserta Pemilu 2019,bersama menetapkan DPTHP-2 Sulawesi Tengah

Penyelenggara dan Pengawas Serta Peserta Pemilu 2019,bersama menetapkan DPTHP-2 Sulawesi Tengah
Potret Bersama Pasca Pengesahan DPTHP-2 dan Penyerahan Berita Acara

IDENews.co.id (Kota Palu) Pasca Bencana Gempa, Tsunami dan Liquifaksi di Sulawesi Tengah Khususnya di Pasigala, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan DPTHP-2 Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang berlangsung di hotel yang berada di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Rabu (12/12/2018).

Rapat pleno terbuka berlangsung sehari yang dibuka dan ditutup oleh Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming didampingi komisioner KPU lainnya serta dihadiri para komisioner Bawaslu Sulteng, perwakilan peserta pemilu.

 

Hasil pleno yang berlangsung, KPU Sulteng menetapkan jumlah DPTHP II Pemilu 2019 di wilayahnya sebanyak 1.952.810.

 

Angka ini mengalami kenaikan cukup signifikan, dimana pada DPTHP ke 1 tercatat sebanyak 1.886.810.

 

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming menuturkan, penurunan angka pemilih dalam DPTHP-2 ini terjadi cukup besar di Kota Palu yakni sebanyak 1.750 Jiwa.

 

“Jumlah ini adalah korban meninggal dunia dan warga yang pindah domisili akibat gempa, likuefaksi, dan tsunami di Kota Palu,” kata orang pertama di KPU Sulteng itu.

 

Namun dua wilayah lainnya yang ikut terdampak gempa yakni Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi justru mengalami kenaikan setelah pemilih non KTP elektronik dimasukkan dalam daftar pemilih tetap berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu pusat.

 

“Jadi Donggala dan Sigi cenderung naik jumlah pemilihnya, kecuali Kota Palu,” ujarnya.

 

Dalam DPTHP ke 2 ini, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 994.173 orang dan pemilih perempuan 958.637 orang yang tersebar di 2.017 desa dan 9.179 tempat pemungutan suara (TPS).

IDENews.co.id

Penulis: IDENews.co.id

IDENews.co.id Adalah Portal Media Online Yang Update 24 Jam Menyajikan Sajian Informasi Yang Sederhana....


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter