Mendagri Minta Kesbangpol Waspadai Serangan Fajar: Politik Uang Haram

Mendagri Minta Kesbangpol Waspadai Serangan Fajar: Politik Uang Haram

Jakarta (IDENews.co.id) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajarannya khususnya di Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mewaspadai serangan fajar jelang pencoblosan Pileg dan Pilpres 2019. Dia mengatakan, pesta demokrasi ini tidak boleh dicederai dengan politik uang.

"Tolong monitoring juga Kesbangpol untuk gerakan-gerakan serangan fajar. Itu harus kita hindari, apalagi menggunakan politik uang, yang merupakan sesuatu yang haram, karena kita ingin meningkatkan kualitas demokrasi secara kualitas dan kuantitas juga harus lebih baik," kata Tjahjo.

Pernyataan tersebut disampaikan Tjahjo saat memberi pembekalan kepada Tim Kemendagri Pemantau Pemilu Serentak tahun 2019 di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (11/04/2019). Hadir juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan agar ASN menjaga netralitas. Secara khusus, dia meminta internal untuk mengawasi ASN agar tidak ada ASN yang terlibat kampanye juga aset-aset pemerintah agar tidak digunakan untuk kepentingan kampanye.

"Monitoring juga di lingkup ASN juga memonitor kalau ada ASN, ada penggunaan-penggunaan atribut, atau aset-aset daerah yang digunakan pada tahap-tahap kampanye atau tahap-tahap yang ada," ujarnya.

Ditanya lebih jauh usai acara, Tjahjo meminta serangan fajar jelang pencoblosan ini dilawan. Masyarakat juga dia imbau agar berani menolak politik uang.

"Harusnya dilawan, kami nggak tahu ya, tapi bagaimana masyarakat harus punya kepedulian untuk menolak kalau ada politik uang, dan memberikan sanksi sosial kalau sampai ada politik uang," ujarnya saat diwawancara.

Tjahjo juga menjelaskan soal maksudnya meminta Kesbangpol mewaspadai serangan fajar. "

Siti Hadijah

Penulis: Siti Hadijah

Wartawati Berparas Cantik...


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil IDENews.co.id

Didirikan pada tahun 2012 IDENews adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di Indonesia,Hingga Saat ini, IDENews telah menempatkan diri sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta interaksi dengan pembaca yang budiman. Kegiatan usaha meliputi Pendampinag Usaha Treding,Developer WEB IT, (IDEGroup) dan portal digital yang berkembang pesat yang [...]

Facebook

Twitter